PELATIHAN MANAJEMEN HOME STAY/PONDOK WISATA/RUMAH WISATA/ TAHUN 2020

SALAKAN – Pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan melalui Dinas Pariwisata, menggelar Pelatihan Manajemen Home Stay/Pondok Wisata/Rumah Wisata Tahun 2020. Rabu-Jumat (16-18 September 2020) bertempat di Bonua Resto & Cafe Salakan serta Kunjungan Fun Trip ke Wisata Mangrove Tatakalai Kec. Tinangkung Utara Kab. Banggai Kepulauan
Kegiatan dibuka langsung oleh Bupati Banggai Kepulauan diwakili oleh Sekretaris Daerah Rusli Moidady, ST. MT didampingi oleh Ketua Komisi III DPRD Banggai Kepulauan Bapak Bikam Masso beserta Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan Bapak Stevan Moidady, SE. M.Si.

Materi yang diberikan selama kegiatan adalah :
1. Pengelolaan Pariwisata Berbasis Masyarakat” oleh Ibu Yuliska Labawo, SS, M.Par,
2. SOP Bidang Kepariwisataan (Home Stay) oleh Pak Anjelino Mokili, SH. M.AP ,
3. Manajemen Home Stay” oleh Ibu Rahmat Dartian, S.Par, M.Sc
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan Bapak Stevan Moidady, SE. M.Si turut memberikan sambutan tentang Kepariwisataan, Adapun peserta yang hadir dalam pelatihan ini adalah kelompok sadar wisata, Pelaku Usaha Pariwisata dan Pengelola Home Stay berjumlah 40 Peserta se Kabupaten Banggai Kepulauan yang berperan aktif dalam pengembangan destinasi wisata yang ada di kabupaten Banggai Kepulauan.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai Kepulauan Bapak Stevan Moidady, SE. M.Si , mengatakan bahwa Pariwisata memiliki peran penting dalam memajukan suatu daerah. Unsur unsur yang sangat menentukan dalam pengelolaan destinasi wisata antara lain. Daya tarik wisata, Fasilitas dan jasa pelayanan wisata, kemudahan untuk mencapai destinasi wisata dan keramah tamahan. “Tujuan kegiatan ini sangat bagus sebagai pendukung Amenitas destinasi pariwisata kita agar tertata baik dan berdaya saing serta mengajak peran serta lembaga masyarakat di lokasi pariwisata,”

Pelatihan Manajemen Home Stay/Pondok Wisata/Rumah Wisata Tahun 2020 ini bertujuan Meningkatkan Wawasan, Sumber Daya Manusia yang Mahir, Terampil dan Propesional Guna Mewujudkan Tata Kualitas Pengelolaan Home Stay. Untuk Meningkatkan Kompetensi Dasar Pelayanan Prima, Untuk Meningkatkan Kesejahteraan dan Produktifitas Masyarakat Lokas serta Keluasan Kerja di Bidang Pariwisata khususnya Home Stay.(admin)