All for Joomla All for Webmasters
Kategori: Wisata Danau
Lokasi: Desa Lemelu Kec. Bulagi Selatan Kab. Banggai Kepulauan
Bentang Alam: Danau

Danau Lemelu, merupakan salah satu objek wisata yang berlokasi di Desa Lemelu Kec. Bulagi Selatan Kab. Banggai Kepulauan, Jarak dapat di tempuh ± 150 km, dengan kendaraan roda dua dan empat dengan waktu ± 4 jam. Setelah itu kita akan berjalan kaki sekitar ± 50 meter menuju ke danau.

Danau ini dikenal dengan keindahan alamnya yang sangat alami sehingga tidak heran banyak wisatawan yang berkunjung kedanau ini, selain itu danau ini juga dikenal dengan airnya yang bening, dikelilingi hamparan bebatuan (karst)  yang tersusun rapi, menjadikan objek wisata ini menjadi salah satu kunjungan favorit wisatawan local. Dan yang lebih menarik lagi, Danau ini memiliki dua musim yakni Musim Air Pasang dan Musim Air Surut sama percis dengan Danau Tendetung dimana pada saat airnya surut, pengunjung bias menyaksikan keindahan bebatuan (karst) yang tersusun rapi secara alamiah.

Menurut legenda, konon zaman dahulu di tempat ini, tidak terdapat mata air, namun pada waktu itu ada seorang anak laki –  laki yang diberi nama Langga Bule, yang dijanjikan kalau ia sudah dewasa akan dikawinkan dengan seorang gadis cantik jelita yang diberi nama Lemelu. Akan tetapi, pada saat diasudah dewasa, ternyata gadis itu sudah dinikahkan dengan pilihan ayah gadis itu sendiri, maka kecewalah si pemuda ini. Untuk menumpahkan kekecewaannya itu si Langga Bule ini kemudian pergi ke tempat ini, kemudian bersemedi dan mengutuk tempat ini, pada saat itu kemudian turunlah hujan lebat yang disertai dengan angin kencang, tidak lama kemudian terjadilah longsor di sekitar rumah si gadis yang gagal menjadi pendamping hidupnya itu, rumah gadis itu kemudian tertimbun dan semua isi rumah itu berubah menjadi bebatuan. Oleh sebab itulah, kemudian berubah menjadi Danau Lemelu yang kini sering dikenal dengan Paisu Lemelu. 

Danau Lemelu merupakan satu danau yang menyimpan banyak keunikan dimana setiap 6 Bulan sekali danau ini akan surut dan di dasar danau akan tumbuh rumput hijau, dan setiap 6 Bulan lagi akan pasang dengan kedalaman beberapa meter, serta bentukan danau yang melingkar dengan di bagian tengahnya merupakan susunan batu-batuan berbagai bentuk.

Bagai sahabat wisata yang akan berkunjung ke obyek wisata alam Danau Lemelu kita dapat mencoba bermain air di pancuran 3 air terjun mini yang lokasinya berada di ujung danau lemulu ini. Untuk menuju ke lokasi kita harus berjalan kaki sekitar 10 -15 menit dengan rute perjalanan melintasi bebatuan yang tajam dan menyeberangi sungai yang jernih untuk sampai di tempat tujuan. Sesampainya di lokasi, sahabat wisata tidak hanya dapat menikmati liburan sambil bermain air dan mengabadikan foto-foto perjalanan yang cantik dan juga indah. Terima kasih (Kinantauan)